Kota Antah Berantah


Author: Neil Gaiman

Membaca buku petualangan di dunia ajaib memang selalu mengasyikkan sejak saya kecil. Ditambah lagi, Neil Gaiman adalah penulis favorit saya. Melihat nama penulisnya membuat saya segera ingin membeli buku ini tanpa melihat blurb-nya. Kurasa buku memang sangat sulit mengecewakan perasaan manusia dibanding manusia lain.

Saya selalu bermimpi tidak ingin menjalani hidup yang biasa saja. Tiba-tiba saja hidup berubah dan orang-orang yang pernah kau kenal sejak kecil merasa bahwa kau tidak pernah hidup di dunia ini. Kau bebas melenggang di dunia yang tidak mengenalmu. Hidup yang biasa saja seringkali tidak menyenangkan. Termasuk si tokoh lelaki dalam buku ini, Richard Mayhew, yang tertekan oleh tunangannya sendiri. Ya ampun, dasar manusia, selalu takut kehilangan sesuatu yang menurut banyak orang hal itu baik bagi dirinya, walaupun sebenarnya sangat menyakitkan buatnya. Jangan biarkan hidupmu dipengaruhi oleh orang lain. Ini juga peringatan buat saya sendiri. Hidup normal pasti membosankan. Nakal lah di lain hari. Haha.

Menyenangkan membayangkan bahwa di dunia tempat kau hidup itu memiliki sisi lain yang tak terlihat. Mereka bisa melihatmu tapi kau tak bisa melihat mereka. Atau, di antara gedung-gedung tua tempatmu berkunjung ada pintu-pintu rahasia menuju dunia lain yang tak pernah kau bayangkan sebelumnya. Ada pasar malam yang sangat ramai di satu tempat tapi yang bisa kau tatap hanya kekosongan malam. Saya ingin ke Kota Antah Berantah ini. Seperti semua buku tentang dunia ajaib yang pernah saya baca. Tolong jangan tanyakan umur saya dan mimpi setiap orang berbeda. Haha. Neil Gaiman adalah penulis yang cukup detail menggambarkan sesuatu, karena itu cukup mudah membayangkan latar tempat cerita ini berlangsung. Ah, dan juga dituliskan dengan sistematis.

Salah satu hal yang membuat saya kagum pada Neil Gaiman, sepertinya dia memang seorang feminis. Tokoh pahlawan dan yang paling kuat dalam buku ini didominasi oleh perempuan. Pertama, Door, gadis yang kehilangan seluruh keluarganya dalam sekejap namun tetap kuat untuk selamat dan mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi dalam hidupnya. Kedua adalah tokoh favoritku dalam buku ini, Hunter, seorang pengawal sewaan yang paling kuat dan ditakuti oleh pembunuh lainnya. Kenyataannya, Hunter adalah seorang perempuan yang berperawakan mungil. Bahkan, salah satu tokoh utama lain bernama Islington, adalah malaikat androgini, campuran karakter feminis dan maskulin. Neil Gaiman seakan-akan tidak ingin tokoh-tokoh utama hidup dalam karakter maskulin.

Saya membaca beberapa buku tentang petualangan di dunia ajaib dan buku ini memuat ide-ide fantasi yang menarik. Menarik dalam artian diluar dugaan dan imajinasi. Neil Gaiman kreatif menciptakan dunia ajaib bernama Neverwhere ini. Beberapa bagian lokasinya memang sesuai dengan dunia nyata sehingga terasa akrab dibaca. Tapi saya tidak merekomendasikan buku ini untuk anak-anak, beberapa bagiannya sepertinya agak sadis.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar: