Rabu, 22 Juli 2015

Mudik dan Kapan Menikah

“Kapan menikah?” semacam pertanyaan menakutkan bagi orang berusia diatas 25tahun yang belum memiliki pasangan. Menjelang hari raya Idul Fitri, meme-meme pertanyaan itu berseliweran di media sosial. Meme-meme ini sangat variatif dan kreatif. Cukup bikin ngakak juga kalau di lihat-lihat.







Saat memasuki dunia maya mencari meme-meme lucu , saya bahkan menemukan situs ini; Jawaban Jitu untuk Pertanyaan “Kapan Kawin?” http://chirpstory.com/li/240177. Mungkin teman-teman boleh mencobanya di lain waktu. Laman ini sepertinya agak telat memberi info.


Rupanya, beberapa tahun belakangan ini mudik hari lebaran diidentikkan dengan betapa menakutkannya pertanyaan anggota keluarga tentang menikah. Mudik menjadi terasa berat bagi sebagian jomblo di Indonesia.  


Menurut KBBI daring, mudik adalah berlayar pergi ke udik atau pulang ke kampong halaman. Tradisi mudik ini turun temurun terjadi di Indonesia. Meskipun jarang terjadi di belahan dunia lain, namun masyarakat Indonesia selalu menantikan tradisi mudik ramai-ramai. Mudik memang hanya terjadi menjelang hari raya, membludak ketika hari raya Idul Fitri. Lalu lintas menjadi padat dan tak jarang menimbulkan korban. Bagi seorang perantau, momen ini adalah momen membahagiakan sepanjang tahun. Setidaknya ada alasan untuk pulang ke pelukan orang tua. Terkadang saya lelah menjadi perantau, lelah hidup sendiri. Haha.


Hari raya memang momen paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Tidak hanya kumpul keluarga, bahkan reuni atau acara halal bihalal. Banyak bertemu dengan teman-teman yang sudah memiliki keluarga baru. Pun acara pernikahan membludak pasca hari raya.


Nah, saat-saat ini tentu saja adalah waktu menanyakan kabar masing-masing. Saya pikir, pertanyaan soal kapan menikah saat hari raya itu memang sejak dulu ada. Sebenarnya bukan hanya pertanyaan kapan menikah, banyak pertanyaan lain seperti kabar, pekerjaan, sekolah dan aktivitas sehari-hari. Jadi ya, nikmati sajalah pertanyaan-pertanyaan itu. Memang sih, tujuan membuat meme itu sekadar lucu-lucuan tapi ada juga yang keterusan galau (opini yang tidak valid oleh penulis).  Jadikan itu sebagai motivasimu agar lebih keras berusaha cari jodoh. Haha.



Share This Article


Tidak ada komentar: