Jumat, 30 Mei 2014

The Curious Case Of Benjamin Button









Judul Buku            : Kisah Aneh Benjamin Button

Judul Asli              : The Curious Case Of Benjamin Button

Penulis                  : F. Scott Fitzgerald

Penerjemah           : Fanny Chotimah

Penerbit                 : KATTA

Tahun Terbit          : 2010

Jumlah Halaman   : 96hlm.

ISBN                     : 978-979-1032-48-3

Blurb:
Hildegarde melambai-lambaikan bendera sutera besar, menyapanya di teras. Saat Benjamin menciumnya, ia merasa dengan kedalaman hati bahwa tiga tahun sudah diambil dari mereka. Dia adalah seorang wanita yang empatpuluh tahun sekarang. Dengan samar, tampak pertempuran garis uban di kepalanya. Pemandangan itu membuat Benjamin tertekan.
Sampai dikamarnya, ia melihat bayangan yang dikenalnya di cermin. Ia pergi mendekat dan memeriksa wajahnya sendiri dengan kecemasan, membandingkan foto dirinya berseragam yang diambil sebelum berperang.

“Ya Tuhan!” katanya keras. Proses ini terus, tidak bisa diragukan lagi. Sekarang ia tampak seperti orang berusia tiga puluh tahun. Bukannya senang, ia malah merasa gelisah. Ia tumbuh muda. Hingga fenomena mengerikan yang ditandai kelahirannya sedang akan berhenti berfungsi. Dia bergidik. Takdirnya sungguh luar biasa mengerikan.

       Untuk menambah ketidakberdayaannya, ia menyadari bahwa abad baru semakin dekat, kehausan akan kesenangan semakin kuat. Tak pernah sebuah acara apa pun di Baltimore dilewatkannya. Berdansa dengan wanita muda tercantik yang sudah menikah, dengan penuh pesona. Sementara, istrinya tampak seperti seorang janda culas. Duduk diantara pengantarnya, menjadi angkuh karena penolakan. Sekarang mengikutinya dengan serius, bingung, dan mata mencela.

“Lihat!” orang akan berkomentar. “Sayang sekali, seorang pemuda seusia itu terikat pada seorang perempuan empat puluh lima tahun. Ia harus dua puluh tahun lebih muda dari istrinya.”
Mereka sudah lupa, sebagian orang-orang pasti lupa, yang mestinya ingat pada kejadian tahun 1880. Semua orang juga berkomentar sama tentang hal ini, pasangan sakit yang cocok.

Review:
Ketika mulai memahami cerita ini ditengah-tengah buku, terbersit pikiran bahwa ide cerita yang mungkin jarang sekali terpikirkan oleh orang lain. Suatu waktu kehidupan kita bisa saja terbalik seperti yang digambarkan dalam cerita. Buku ini menceritakan tentang seseorang bernama Benjamin Button yang terlahir aneh. Sejak lahir, wajahnya menampakkan usia yang sangat tua, berbeda dengan bayi-bayi yang lahir normal pada umumnya. Ayahnya sangat terkejut ketika melihat perawakan anaknya yang baru lahir. Dia merasa malu, takut apa yang akan orang-orang katakana jika dia berjalan bersama anaknya yang berwajah tua itu. Namun, lama kelamaan orang tuanya mulai terbiasa dengan keadaan Benjamin Button tersebut dan memaksa memperlakukan Benjamin seperti anak normal. Mereka memasukkan Benjamin ke sekolah dengan berusaha menyamarkan wajah aslinya. Benjamin sendiri lebih senang dan nyaman bermain bersama kakeknya. Suatu hari, ayahnya mengajaknya ke sebuah pesta dansa dan tiba-tiba saja Benjamin menemukan jodohnya. 

“Suplemen Koran Minggu New York memberitakan kasus ini  dengan sketsa yang menarik, menggambarkan kepala Benjamin Button terlampir untuk ikan, untuk ular, dan akhirnya menjadi kuningan yang padat. Ia menjadi terkenal dalam dunia pemberitaan sebagai “Pria Misteri Maryland.” Tapi, kisah nyata seperti yang biasa terjadi, memiliki sirkulasi yang sangat kecil. Namun, setiap orang setuju dengan Jenderal Moncrief bahwa itu adalah “kriminal”, untuk seorang gadis cantik yang bisa menikahi pacar siapa saja di Baltimore, lalu memilih jatuh ke pelukan seorang pria yang sudah lima puluh tahun.”

Namun, dari tahun ke tahun, semakin Benjamin tua, wajahnya semakin terlihat muda. Dia bahkan sangat menikmati masa tuanya dengan bersenang-senang dan ketertarikan terhadap istrinya mulai hilang. Sampai akhirnya, anaknya pun menyuruh Benjamin memanggilnya dengan sebutan Paman. Hingga dia menjadi seperti anak kecil dan masuk ke sekolah TK sampai dia seperti kehilangan ingatan akan apa yang telah terjadi dalam hidupnya.

Cerita yang luar biasa dengan latar belakang kehidupan Amerika di awal abad 20. Benjamin Button bahkan sudah difilmkan pada tahun 2008 yang dibintangi oleh Brad Pitt, artis Hollywood tenar.  Dibandingkan dengan filmnya, cerita dibuku sangat berbeda. Mungkin ada banyak alasan mengapa mereka membuat cerita yang berbeda namun dengan kasus yang sama, tapi saya tidak kecewa membaca cerita pendek karangan F. Scott Fitzgerald.

Tidak ada kenangan yang mengganggu dalam tidur anak kecil itu. Tidak ada kenangan akan hari penuh keberanian diperguruan tinggi, tahun-tahun kejayaan ketika ia membingungkan para gadis. Hanya ada putih dinding tempat tidurnya, Nana, dan seorang pria yang datang untuk melihatnya, serta bola oranye besar yang disebut Nana "matahari" untuk menunjukkan sudah waktunya untuk tidur.

Share This Article


Tidak ada komentar: